5 Cara Terbaik Memilih Laptop untuk Kerja Anda

Header Menu

5 Cara Terbaik Memilih Laptop untuk Kerja Anda

Rabu, 04 September 2019

5 Cara Tips Memilih Laptop Terbaik
Sumber Gambar: laptopmag.com
5 Cara Memilih Laptop Terbaik - Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tidak ada laptop yang bisa bekerja di semua pekerjaan dan situasi kondisi tertentu. Hal itu dikarenakan karena faktor desain dan performa yang sudah ditentukan sesuai spesifikasi kinerjanya. Contohnya, laptop gaming yang mempunyai performa kencang belum tentu cocok dan optimal apabila dipakai untuk melakukan tugas rendering 3D atau penyuntingan video yang kompleks.

Contoh lainnya adalah penggunaan notebook. Notebook dengan bodi tipis sering kali menjadi alasan menggunakannya. Namun, ternyata penggunaan Notebook lebih irit konektivitas sehingga pengguna harus membawa adapter untuk dapat memakainya secara optimal. Teruntuk untuk para pekerja profesional, sering kali menggunakan laptop untuk bekerja, tentunya akan dapat menikmati manfaat lebih jika memilih laptop yang memang dirancang untuk keperluan bisnis. lagi-lagi sesuai dengan kebutuhan dan sisi keoptimalan ranah kerja nantinya.

Oleh karena itulah, dalam artikel kali ini akan kita berikan tips cara memilih laptop terbaik bagi Anda.

5 Cara Tips Memilih Laptop Terbaik

Berikut ini adalah lima perbedaan antara laptop kelas bisnis dan laptop biasa untuk konsumen, yang bisa Anda gunakan untuk menopang kinerja Anda.

1. FITUR DAN SPESIFIKASI 

Betul, spesifikasi dan fitur perangkat gadget yang lebih baik akan menentukan hasil kinerja nantinya. Hal itu tetu saja akan sepadan dengan performa laptop yang Anda impikan. 

Namun ketika ditelah lebih lanjut, apakah hal itu sudah sesuai dengan beban kerja yang Anda rasakan di kantor? 

Bisa jadi, yang Anda rasakan adalah pemborosan daya listrik atas hal yang sebenarnya tidak pernah Anda lakukan. 

Perlu Anda sadari, bahwa kalaupun yang dibutuhkan sebenarnya laptop tipe "kerja keras", seyogyanya Anda memilih menggunakan laptop yang mempunyai fitur dan spesifikasi performa yang jelas. Sebagai contohnya, ZBOOK Studio x360 yang mempunyai prosesor Intel generasi ke delapan yang memang dibuat dengan desain performa mampu menyelesaikan aplikasi kompleks seperti Adobe Premiere Pro. Tidak hanya itu, laptop ZBOOK Studio x360 juga dibubuhi dengan kartu NVIDIA QUADRO, yang merupakan kartu grafis seri terbaru. Fungsinya tentu saja untuk mengoptimalkan tugas rendering grafik 3D atau penyuntingan video yang kompleks. 

Salah satu penyebab banyak yang menyukai tipe laptop untuk segmen bisnis adalah adanya pilihan konfigurasi yang lebih beragam, dengan menyesesuaikan kebutuhan kantor dan karyawannya. User akan mampu merampungkan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kapasitas media penyimpanan serta besaranya RAM di dalamnya. 

DESAIN DAN KELENGKAPAN KONEKTIVITAS 

Kita sudah menganggap bahwa laptop adalah sebuah tools asisten pribadi. Menggunakan laptop selama bekerja diusahakan bisa senyaman mungkin. Sebut saja dalam meeting dengan klien bisnis, Anda akan lebih PD (percaya diri) apabila mampu menyuguhkan hasil presentasi dengan menggunakan perangkat laptop pribadi (dibawa sendiri). 

Perlu disadari, hal yang saya sampaikan di atas memang fakta. Terkadang, dalam situasi pertemuan dan mempresentasikan karya kita, bisa jadi ada problem selalu muncul. Misalnya saja, konektivitas perlengkapan di lokasi yang berbeda. Dengan adanya port konektivitas yang lebih lengkap di laptop kelas bisnis seperti HP Elitebook x360 1030 G4, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Bahkan ada aksesori dock yang bisa memperluas kinerja lebih maksimal. 

Selain port, laptop untuk kerja punya ciri khas yakni durabilitas karena produsennya memahami bahwa para pengguna akan membawanya keluar dari zona nyaman di kantor. Durabilitas ini penting demi menyimpan data sensitif di dalamnya. Walaupun fisiknya mirip dengan kebanyakan laptop untuk konsumen biasa, rangka dan bahan yang digunakan telah dipilih dan dirancang sedemikian rupa agar lebih tahan lama saat dibawa-bawa. 

KEAMANAN 

Pengamanan menjadi hal yang penting karena menjinjing laptop kantor berarti membawa data sensitif hingga rahasia perusahaan di mana pun kita pergi. Kita pun harus siap dengan kemungkinan terburuk, yakni laptop berpindah tangan secara sepihak dan informasi penting itu rentan bocor. Itulah mengapa, laptop untuk bisnis selalu membekali diri dengan seperangkat mekanisme pengamanan tambahan, demi memberi ketenangan batin dan kenyamanan bagi penggunanya. Pengamanannya pun berlapis sejak BIOS, biometrik, hingga di sistem operasi. 

Keamanan bukanlah hal yang dianggap remeh, seperti halnya nilai data perusahaanc di tangan karyawannya. Seperti diperlihatkan oleh HP Elite Book X360 1030 G4 yang memiliki seperangkat lapis pengamanan yang membuat penggunanya tidak risau lagi. Beberapa fitur di antaranya seperti HP Sure Run yang memastikan aplikasi tetap berjalan meski ada serangan malware tengah berlangsung, begitu pula fitur HP Sure Recover untuk pemulihan ke kondisi terakhir melalui koneksi jaringan. Penyusupan malware melalui tautan dan file yang terinfeksi bisa dihalau berkat fitur HP Sure Click. 

WINDOWS 10 PRO 

Satu lagi alasan memilih laptop bisnis untuk keperluan bisnis adalah opsi Windows 10 Pro yang terpasang di dalamnya. Ini adalah versi sistem operasi yang memungkinkan manfaat yang hanya bisa dinikmati oleh konsumen kelas korporasi seperti keamanan tambahan hingga fitur deploy IT Policy oleh admin TI kantor dari jarak jauh. Bila memilih laptop untuk konsumen, umumnya versi Windows 10 yang digunakan adalah versi reguler tanpa fitur-fitur yang memang khusus dihadirkan untuk korporasi. Dan pengguna tidak akan bisa mengubahnya sendiri tanpa mengkompromikan keamanan data milik perusahaan. 

GARANSI 

Salah satu hal pokok yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin memilih laptop adalah keberadaan garansi produk. Poin paling penting dari laptop untuk bisnis adalah layanan purna jual, inilah hal yang memastikan bahwa investasi yang dikeluarkan oleh kantor akan sepadan dengan solusi yang diberikan oleh produsen laptop. Untuk laptop HP misalnya, memiliki tawaran jemput produk gratis di 300 kota di Indonesia, atau bisa mendatangi tempat pengguna untuk perbaikan di tempat. 

Aplikasi pemesanan perbaikan bisa diunduh dari Play Store dan kita bisa mendapatkan informasi seputar lokasi titik perbaikan terdekat hingga memeriksa status perbaikan secara online. Dengan demikian, seharusnya pengetahuan ini bisa membantu kita untuk lebih tepat saat memilih laptop yang akan dipakai bekerja sehari-hari dan mana laptop yang digunakan untuk keperluan pribadi.

Demikian sekilas informasi mengenai 5 Cara Terbaik Memilih Laptop untuk Kerja Anda. Semoga bermanfaat, salam. (*https://www.gentanews.com)