Viral Foto TNI Rebut Markas OPM, Begini Ceritanya

Header Menu

Viral Foto TNI Rebut Markas OPM, Begini Ceritanya

Selasa, 20 Agustus 2019

Viral Foto TNI Rebut Markas OPM, Begini Ceritanya
Sumber: detik.com
Beberapa saat lalu telah viral foto TNI merebut markas OPS dengan membawa bendera Merah Putih. Berita viral foto anggota TNI yang diperbincangkan berhasil merebut markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) beredar luas di media sosial. Menurut keterangan dari Kodam XVII/Cenderawasih memang mengiyakan berita tersebut.

Kolonel (Inf) Muhammad Aidi, selaku Kapendam Cenderawasih mengatakan bahwa kejadian kejadian perebutan markas OPM itu benar adanya. Namun perebutan markas OPM oleh TNI tersebut tidak terjadi di tahun 2019 ini, melainkan pada Oktober 2018 tahun lalu.

Berdasarkan informasi yang yang kami lansir dari detikcom, peristiwa tersebut mulanya terjadi pada Selasa (2/10/2018). Perebutan markas OPM oleh TNI tersebut dikuti dengan adanya baku tembak.

Lettu Inf Angga yang waktu itu sebagai pemimpin pasukan TNI berhasil memukul mundur anggota OPM pimpinan Goliat Tabuni. Dalam peristiwa tersebut, diketahui dua anggota OPM tewas dalam baku tembak, salah satunya Dekilas Tabuni, yakni pengawal Goliat.

Aidi menyampaikan bahwa anggota OPM itu terus bermigrasi/pindah. Tidak sedikit dari mereka, bahkan mencapai 30 orang anggota OPM pimpinan Goliat Tabuni yang menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Hal itu tercatat pula pada Maret 2015, setidaknya ada sebanyak 23 orang anggota OPM yang menyerahkan diri dari aksi melawan aparat. Mereka ingin hidup layaknya masyarakat Indonesia lainnya.

Setelah kembali kepangkuan ibu pertiwi, mereka meminta dibangun delapan unit honai. Selain itu mereka meminta didirikan POS Koramil di Tingginambut.

Kejadian serupa juga terjadi pada Januari 2016, setidaknya ada sebanyak 10 anggota Goliat menyerahkan diri ke Polda Papua. Mereka mengaku sudah enggan dan bosan membela OPM, namun minim hasil.

Salah satu tokoh yang menyerahkan diri adalah Terinus Enumbe. Terinus Enumbe madalah orang kepercayaan Goliat Tabuni. Terius berkedudukan sebagai komandan peleton. Ada pula Melodi Wonda yang merupakan pimpinan penyerangan kelompok Goliat Tabuni.

Kemudian, pada Juli 2017 ada sebanyak 215an orang militan pendukung Goliat Tabuni juga menyerahkan diri kembali ke Indonesia, dengan cara mendeklarasikan diri kembali untuk bergabung dalam NKRI. Bahkan, Wanis Tabuni yang merupakan penasihat spiritual Goliat Tabunipun juga ikut serta dalam deklarasi tersebut.

Wanis Tabuni ialah kakak dari Goliat Tabuni. Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo, sempat meminta Wanis membujuk adiknya menyerahkan diri. Saat itu, Wanis diberi waktu sebulan untuk mengajak adiknya turun dari gunung dan bergabung bersama pemerintah.

Baca juga: TNI Respons Separatis Bersenjata: Papua Diakui Dunia Bagian NKRI

Terbaru, ajudan Goliat Tabuni, Telangga Gire (30), menyatakan menyerahkan diri dan berikrar setia kepada NKRI. Telangga Gire merasa telah tertipu oleh Goliat Tabuni.

Ikrar setia kepada NKRI disampaikan Telangga Gire di hadapan Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo dan 25 orang anggota Kodim di Kampung Wurak, Distrik Illu, Puncak Jaya, Sabtu (8/6/2019) pukul 08.15 WIT.

Telangga Gire menyerahkan diri bersama tiga orang rekannya, yakni Piningga Gire (25), Tekiles Tabuni (30), dan Perengga (27). Mereka turut menyerahkan sepucuk senjata api jenis Mosser dan sejumlah amunisi kaliber 7,62 yang diakui hasil rampasan saat menyerang Polsek Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Demikian informasi mengenai Viral Foto TNI Rebut Markas OPM, Begini Ceritanya. Semoga bermanfaat, salam.